Fungsi Keluarga Dalam Menerapkan Pola Pengasuhan Anak

Berdasarkan pendekatan sosio-kultural keluarga memiliki fungsi sebagai berikut:
 
Fungsi Biologis
Secara biologis, keluarga menjadi tempat untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti pangan, sandang, dan papan dengan syarat-syarat tertentu. Menurut pakar pendidikan William Bennett, keluarga merupakan tempat yang paling awal (primer) dan efektif untuk menjalanikan fungsi Departemen kesehatan,pendidikan dan kesejahteraan. Berkain dengan pola tersebut dibidang kesehatan,peran orang tua yang harus dilakukan adalah: 
  1. Memberitahukan pada anak untuk mengurangi mengonsumsi makanan instan atau cepat saji. 
  2. Mengajarkan anak untuk rutin berolahraga.
  3. Menyeimbangkan sayuran dan buah untuk gizi dan kesehatan anak.
  4. Menerapkan untuk menjaga kebersihan.
Fungsi Pendidikan
Keluarga diajak untuk mengkondisikan kehidupan keluarga sebagai “instusi” pendidikan, sehingga terdapat proses saling berinteraksi antara anggota keluarga. Keluarga melakukan kegiatan melalui asuhan, bimbingan dan pendampingan, serta teladan nyata untuk mengontrol pola pergaulan anak.

Fungsi Relegius
Para orang tua dituntut untuk mengenalkan,bimbingan,member teladan dan melibatkan seluruh anggota keluarga untuk mengenal akidah-akidah agama dan perilaku beragama. Sebagai keluarga hendaknya melakukan sholat berjamaah dirumah untuk mengembangkan dan meningkatkan kerelegiusan anak dalam beribadah.

Fungsi Perlindungan
Fungsi perlindungan dalam keluarga adalah untuk menjaga dan memelihara anak dan anggota. Keluarga melindungi anggota keluarganya dalam hal apapun. Misalnya, melindungi anak untuk tidak berpengaruh negative dari lingkungan maupun untuk senantiasa menjadikan keluarga sebagai perlindungan bila anak mengalami suatu masalah.

Fungsi Sosialisasi
Para orang tua dituntut untuk mempersiapkan anak untuk menjadi anggota masyarakat yang baik, kalau tidak mau disebut warga Negara kelas satu. Dalam melaksanakan fungsi ini, keluarga berperan sebagai penghubung antara kehidupan anak dengan kehidupan social dan norma-norma social,sehingga kehidupan disekitarnya dapat dimengerti oleh anak, sehingga pada gilirannya anak berpikir dan berbuat positif didalam dan terhadap lingkungannya.

Fungsi Kasih Sayang
Keluarga harus dapat menjalankan tugasnya menjdi lembaga intraksi dalam ikatan batin yang kuat antara anggotanya,sesuai dengan status dan peranan social masing-masing dalam kehidupan keluarga itu. Ikatan batin yang dalam dan kuat ini, harus dapat dirasakan oleh setiap anggota keluarga sebagai bentuk kasih sayang. Dalam suasana yang penuh kerukunan, keakraban, kerjasama dalam menghadapi berbagai maslah dan persoalan hidup.

Fungsi Ekonomi
Fungsi ini menunjukan bahwa keluarga merupakan kesatuan ekonomis. Aktivitas dalam fungsi ekonomis berkaitan dengan pencarian nafkah,pembinaan usaha dan perencanaan anggaran biaya,baik penerimaan maupun pengeluaran biaya keluarga.

Fungsi Rekreatif
Suasana rekreatif akan dialami oleh anak dan anggota keluarga lainnya apabila dalam kehidupan keluarga itu terdapat  perasaan damai,jauh dari ketegangan batin,dan pada saat-saat tertentu merasakan kehidupan bebas dari kesibukan sehari-hari.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fungsi Keluarga Dalam Menerapkan Pola Pengasuhan Anak"

Posting Komentar

CONTACT US

×