Jangan Biarkan Si kecil Ketergantungan dengan Gadget

Teknologi kini sangat melekat pada kehidupan manusia. Kemajuan teknologi yang berkembang pesat pun mudah dijangkau masyarakat di seluruh dunia. Salah satu teknologi yang dekat dengan manusia adalah gadget. Penggunaan gadget telah  merambah  segala kalangan  baik  remaja,  dewasa,  maupun  anak-anak. 

Beberapa faktor yang memengaruhi anak-anak untuk menggunakan gadget antara lain tertarik dengan adanya game online, sosial media, dan lingkungan sepermainan. Hal tersebut  dapat  mengakibatkan  anak  ketergantungan  pada gadget, sehingga mereka akan menggunakan gadget dengan intensitas yang lama dan terus menerus. Banyak dampak yang di dapat anak-anak dari gadget baik positif maupun buruk. Bagi anak-anak mungkin mereka hanya dapat memanfaatkan gadget sebagai  media permainan saja. 

Namun  demikian, hal tersebut membantu anak untuk meningkatkan kemampuan otak kanan anak dalam menyusun strategi dalam sebuah permainan. Penggunaan yang berlebih pastinya memberi dampak buruk bagi anak, khususnya pada kesehatan mereka. Berikut beberapa dampak buruk penggunaan gadget yang terlalu dini dan berlebihan bagi kesehatan anak :

Seorang Vaksinator di Rumah Vaksin Pondok Gede, Dokter Oktafiani Mayangsuri mengatakan bahwa penggunaan  gadget pada umumnya bisa mengganggu kesehatan seperti ketegangan otot mata, kemudian terjadi kekeringan pada bulu mata sehingga terjadi pandangan mata kabur, dengan posisi saat menggunakan gadget sambil tiduran, itu juga akan mengganggu kesehatan pada postur tubuh yang terjadi badan akan terasa sakit dan kaku. 

Radiasi elektromagnetik terdiri dari gelombang elektrik dan energi magnetik dengan kecepatan cahaya. Semua energi elektromagnetik jatuh pada spectrum elektromagnetik, yang memiliki kisaran radiasi ELF (Extremly Low Frequency), sinar X, hingga sinar Gamma. Frekuensi yang dipancarkan oleh telepon genggam maupun tablet pada umumnya berada dikisaran 3 hingga 30 Hz, yaitu termasuk gelombang radio (radiasi ELF). Walaupun tak sekuat sinar X yang merupakan jenis  radiasi terionisasi  dan mampu mengubah material  genetik, radiasi yang dipancarkan gadget tetap memiliki pengaruh pada tubuh manusia (Jerry B, 1999: 84).

Konsultan ahli bedah dan penyakit mata di Luton & Dunstable University Hospital, Allon Barsam  mengatakan  anak-anak  yang  menatap  layar  ponsel sepanjang hari bisa rabun saat  mereka  dewasa. Ada  juga  penelitian  yang menunjukkan  bahwa  pengguna  gadget berisiko  lebih  cepat  menggunakan kacamata. Menurut Barsam, presbiopi atau ketidakmampuan melihat objek dalam jarak dekat bisa terjadi di akhir usia 40an. Oleh karena itu mereka membutuhkan alat bantu kacamata.

Cahaya yang dipancarkan oleh gadget berupa cahaya biru yang dapat mengganggu hormon melatonin pada tubuh manusia sehingga dapat menghambat tidur manusia.

Dalam hal ini peran orang tua sangat dibutuhkan untuk menciptakan generasi sehat di masa mendatang. Dengan ini kami memaparkan solusi sebagai strategi pembangunan kesehatan menuju indonesia sehat 2030. 

Berikut adalah solusi dari beberapa peneliti dan dari kami sebagai mahasiswa untuk menciptakan generasi sehat : 

Psikolog Dr Aric Sigman menyarankan untuk tidak membiarkan anak-anak berusia 3 sampai 7 tahun untuk tidak bermain game di layar ponsel lebih dari setengah jam sehari. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain dengan menggunakan gadget pada ruangan yang cukup pencahayaannya, menggunakan ukuran tulisan yang tidak terlalu kecil dan hindari penggunaan gadget lebih dari 15 menit dalam sekali waktu. Hal tersebut dapat membantu mencegah gangguan mata  pada  anak. Sehingga gunakanlah gadget dengan bijak,  dengan  tidak menggunakan gadget untuk kegiatan yang tidak perlu.

Penelitian di Mayo Clinic, Arizona, menunjukkan peredupan pada pengaturan brightness ponsel dan menjaga jarak ponsel dari wajah sekitar 14 inci bisa mengurangi kesulitan tidur. Sehingga penggunaan gadget pada anak perlu pengawasan dari orang tua. Sedangkan untuk pengaruh radiasi gadget dapat dihindari dengan tidak meletakkan gadget di dekat kita saat tidur. Jangan memaksa menggunakan gadget pada saat gadget sudah terasa panas sekali. 

Dapat disimpulkan bahwa penggunaan gadget yang terlalu dini pada anak dapat mengganggu kesehatan pada anak. Penggunaan gadget pada anak harus dibatasi secara normal, dalam hal ini peran orang tua sangat dibutuhkan untuk memantau kuantitas penggunaan gadget pada anak. Ajarkan anak untuk hidup sehat dengan mengenalkan bagamana cara penggunaan gadget yang bijak dan kenalkan  hidup  sehat  dengan  mengajak  olahraga  ataupun  membantu  anak memahami makanan yang bergizi dan sehat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jangan Biarkan Si kecil Ketergantungan dengan Gadget"

Posting Komentar

CONTACT US

×