Bunda Harus Tahu Perkembangan Anak pada Usia Dini

Macam-macam perkembangan anak usia dini ialah sebagai berikut:
 
Perkembangan jasmani
Perkembangan jasmani merupakan merupakan dasar dalam perkembangan mental anak. Maksudnya perkembangan mental dapat berkembang dengan baik apabila perkembangan fisik juga baik. Perkembangan jasmani dan rohani sangat erat kaitannya,begitu juga dengan perkembangan akal,erat hubungannya dengan perkembangan jasmani.
 
Perkembangan kognitif
Kognitif sering kali diartikan sebagai kecerdasan atau berfikir perkembangan kognitif menunjukan perkembangan dari cara berpikir anak. Kemampiuan anak mengkordinasikan berbagai cara berpikir untuk menyelesaikan sebagai masalah dapat dipergunakan sebagai tolak ukur pertumbuhan kecerdasan. Cara belajarnya melalui inisiatif pengalaman dan juaga pembiasaan belajar dari pengalaman. Disini anak anak akan belajar terus mengenai hal-hal tertentu hingga menjadi suatu perilaku yang baru bagi anak agar kesehatan mentanya terpenuhi.
 
Perkembangan bahasa
Selama masa awal, masa kanak-kanak, anak-anak memiliki keinginan yang kuat untuk belajar berbicara. Hal ini disebabkan karena dua hal. Pertama, belajar berbicara merupakan sarana pokok dalam bersosialisasi. Kedua,belajar berbicara merupakan sarana untuk memperoleh kemandirian. 

Untuk meningkatkan komunikasi anak-anak harus menguasai dua tugas pokok yang merupakan unsure penting dalam berbicara. Pertama,mereka harus meningkatkan kemampuan untuk mengerti apa yang dikatakan oleh orang lain dan kedua, mereka harus meningkatkan kemampuan berbicaranya sehingga dapat dimengerti orang lain.
 
Perkembangan emosi dan social
Selama awal masa dini emosi anak sangat kuat. Saat ini merupakan saat ketidak seimbangan karena anak ”keluar dari focus” dalam arti ia mudah terbawa ledak-ledakan emosional sehingga sulit dibimbing dan diarahkan. Pada masa ini perkembangan mental anak memperoleh keselamatan semaksimal mungkin untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan menjadi terbelakang dalam perkembangan mental inilah anak memerlukan bantuan yang intensif,terencana yang tepat.

Perkembangan social biasanya dimaksudkan sebagai perkembangan tingkah laku anak dalam menyesuaikan diri dengan aturan-aturan yang berlaku didalam masyarakat dimana anank berada. Tingkah laku social adalah sesuatu yang dipelajari, bukan sekedar hasil dari kematangan. Perkembangan social seorang anak diperoleh selain diproses kematangan juga melalui kesempatan belajar respons terhadap tingkah laku anak.

Perkembangan jiwa spiritual anak
Potensi keagamaan terhadap seorang anak telah ada sejak dalam kandungan bahwa dalam tabiat manusia terdapat kesiapan alamiah untuk mengenal allah dan mengesakan/nya pengakuan terhadap kedudukan allah sebagai tuhan tertanam kuat dalam fitnahnya, tinggal bagaimana pengembangan serta pemeliharaan potensi (perasaan religious) yang ada pada anak tersebut, maka disinilah peran para pendidik dalam mengembangkan kegamaan anak. 

Dalam kehidupan manusia memiliki potensi beragama bahkan potensi tersebut sudah dianggap sebagai kebutuhan spiritual manusia. Menurut Jalaludin, potensi bawaan (agama) tersebut memerlukan perkembangan melalui bimbingan dan pemeliharaan yang mantap lebih-lebih pada usia dini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bunda Harus Tahu Perkembangan Anak pada Usia Dini"

Posting Komentar

CONTACT US

×