Tahap Perkembangan Anak untuk Usia Sekolah Sekolah Dasar

Pertumbuhan

Tinggi dan berat badan
Pertumbuhan fisik anak pada usia SD cenderung lebih lambat dan konsisten bila dibandingkan dengan masa usia dini. Rata-rata anak usia SD mengalami penambahan berat badan sekitar 2,5-3,5 kg dan penambahan tinggi badan 5-7 cm per tahun 

Proporsi dan bentuk tubuh
Anak SD kelas-kelas awal umumnya memiliki proporsi tubuh yang kurang seimbang. Kekurangseimbangan ini sedikit demi sedikit mulai berkurang sampai terlihat perbedaannya ketika anak mencapai kelas 5 atau 6. Pada kelas akhir lazimnya proporsi tubuh anak sudah mendekati seimbang. Berdasarkan tipologi Sheldon ada tiga kemungkinan bentuk primer tubuh anak SD yaitu :

1. Endomorph yakni yang tampak dari luar berbentuk gemuk dan berbadan besar .
2. Mesomorph yang kelihatannya kokoh, kuat dan lebih kekar
3. Ectomorph yang tampak jangkung, dada pipih, lemak dan seperti tak berotot

Otak
Bila dibandingkan dengan pertumbuhan bagian tubuh lain, pertumbuhan otak dan kepala jauh lebih cepat. Menurut Santrock dan Yussen, sebagian besar pertumbuhan otak terjadi pada usia dini. Menjelang umur lima tahun, ukuran otak anak mencapai 90% dari ukuran otak dewasa. Kematangan otak yang dikombinasikan dengan pengalaman berinteraksi dengan lingkungan sangat berpengaruh terhadap perkembangan kognitif anak.

Perkembangan

Perkembangan Biologis 
Pada usia sekolah pertumbuhan pada anak laki-laki dan perempuan memiliki perbedaan, pada anak laki-laki lebih tinggi dan kurus, pada anak perempuan lebih pendek dan gemuk. Pada usia ini pembentukan lemak lebih cepat daripada otot.

Perkembangan Psikososial
Pada masa ini anak-anak selalu melakukan aktivitas bersama atau kelompok. Menurut Freud perkembangan psikososial pada anak usia sekolah digolongkan dalam fase laten, yaitu ketika anak berada dalam fase oidipus.

Perkembangan Kognitif
Menurut Pieget anak berada dalam tahap operasional konkret, yaitu anak mengekspresikan apa yang dilakukan dengan verbal dan simbol kemampuan anak yang dimiliki pada tahap operasional konkret, yaitu : 
a. Konservasi : menyukai sesuatu yang dapat dipelajari secara konkret bukan magis
b. Klasifikasi : mualai belajar mengelompokkan, menyusun dan mengurutkan
c. Kombinasi : mulai mencoba belajar dengan angka dan huruf sesuai dengan keinginan yang dihubungkan dengan pengalaman yang sebelumnya

Perkembangan spiritual
Pada usia anak-anak mulai tertarik terhadap surga dan neraka, sehingga mereka mematuhi semua peraturan karena takut masuk neraka.

Perkembangan bahasa
Kosa kata anak bertambah, kealahan pengucapan mulai berkurang karena bertambahnya pengalaman dan telah mendengarkan penguapan yang benar. Pembicaraan yang dilakukan dalam tahap ini lebih terkendali dan terseleksi karena anak menggunakan pembicaraan sebagai alat komunikasi

Perkembangan Seksual
Pada masa ini anak mulai menyesuaikan penampilan, pakaian, dan gerak-geriknya sesuai dengan peran seksnya

Perkembangan Konsep Diri 
Dipengaruhi oleh hubungan dengan orangtua, saudara dan saudara lainnya. Dan anak membentuk konsep diri sehingga membentuk ego ideal yang berfungsi sebagai standar perilaku umum yang di internalisasi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tahap Perkembangan Anak untuk Usia Sekolah Sekolah Dasar"

Posting Komentar

CONTACT US

×