Zat-zat gizi yang diperlukan dalam makanan anak

Kebutuhan disesuaikan dengan kecukupan gizi yang dianjurkan. Kalori diperlukan untuk memenuhi aktivitas yang meningkat, protein diperlukan untuk pembentukan otot, dan pembentukan darah serta (komponen-komponennya) bersama-sama dengan zat besi. 

Berikut ini zat-zat gizi penting yang perlu mendapat perhatian dalam konsumsi makanan anak:

Energi: banyak dibutuhkan dalam jumlah relatif besar dibandingkan dengan orang dewasa  karena digunakan untuk mendukung pertumbuhan yang pesat. Pada tahun-tahun pertama, kebutuhan energi mencapai 100-200 kkal/kg BB (kilokalori/kilogram Berat Badan). Sedangkan tiga tahun berikutnya, kebutuhan energi berkurang sebanyak 10 kkal/kgBB. 

Protein: merupakan sumber asam amino esensial, diperlukan sebagai zat pembangun yang digunakan untuk pertumbuhan dan pembentukan protein dalam serum, enzim, hormon dan antibodi. Protein juga untuk proses regenerasi sel, memelihara keseimbangan cairan tubuh, dan sebagai cadangan sumber energi. 

Lemak : Merupakan sumber kalori karena setiap 1 g lemak bila dipecah akan menghasilkan 9 kkal. Lemak juga dibutuhkan sebagai pelarut vitamin A, D, E, K serta sebagai sumber lemak esensial yang dibutuhkan untuk memelihara kesehatan kulit. 

Karbohidrat dibutuhkan sebagai sumber kalori. Setiap 1g karbohidrat bila dipecah menghasilkan 4 kkal. Pada ASI dan sebagian besar makanan formula bayi, mengandung 40 - 50% karbohidrat dalam bentuk laktosa, berfungsi membantu pembentukan flora usus besar yang bersifat asam guna  meningkatkan  absorsi  kalsium.

Takaran Konsumsi Makanan Anak per Hari Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi dan Kelompok Umur 

Daftar Angka Kecukupan Gizi Yang Dianjurkan untuk Anak per Hari 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Zat-zat gizi yang diperlukan dalam makanan anak "

Posting Komentar

CONTACT US

×