Faktor – Faktor yang Menghambat Bunda Memberikan Pemberian ASI Eksklusif

Alasan Bunda untuk tidak menyusui terutama yang secara eksklusif sangat bervariasi. Namun yang sering dikemukakan sebagai berikut:

ASI Tak Cukup
Alasan ini tampaknya merupakan alasan utama para bunda untuk tidak memberikan ASI secara eksklusif. Banyak bunda-bunda yang merasa ASI-nya kurang, tetapi hanya sedikit sekali (2 – 5%) yang secara biologis memang kurang produksi ASI-nya. Selebihnya 95 % - 98 % bunda dapat menghasilkan ASI yang cukup untuk bayinya.

Bunda Bekerja dengan Cuti Hamil Tiga Bulan
Bekerja bukan alasan untuk tidak memberikan ASI eksklusif, karena waktu bunda bekerja, bayi dapat diberi ASI perah yang diperah sehari sebelumnya

Takut Ditinggal Suami
Alasan pertama berhenti memberikan ASI pada anaknya adalah takut ditinggal suami. Ini semua karena mitos yang salah, yaitu menyusui akan mengubah bentuk payudara menjadi jelek. Sebenarnya mengubah bentuk payudara adalah kehamilan bukan menyusui.

Bayi akan Tumbuh menjadi Anak yang Tidak Mandiri dan Manja.
Pendapat bahwa bayi akan tumbuh menjadi anak manja karena terlalu sering didekap dan dibelai, ternyata salah. Anak akan tumbuh menjadi kurang mandiri, manja dan agresif karena kurang perhatian bukan karena terlalu diperhatikan oleh orang tua.

Susu Formula Lebih Praktis
Pendapat ini tidak benar, karena untuk membuat susu formula diperlukan api atau listrik untuk memasak air, peralatan yang steril, dan perlu waktu untuk mendinginkan susu formula yang baru dibuat. Sementara itu, ASI yang siap pakai adalah mempunyai suhu yang tepat setiap saat, tidak memerlukan api, listrik dan perlengkapan yang steril.

Takut Badan Tetap Gemuk
Pendapat bahwa bunda menyusui akan sukar menurunkan berat badan adalah tidak benar. Pada waktu hamil, badan telah mempersiapkan timbunan lemak untuk membuat ASI. Didapatkan bahwa menyusui akan membantu bunda menurunkan berat badan lebih cepat dari pada bunda yang tidak menyusui secara eksklusif.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Faktor – Faktor yang Menghambat Bunda Memberikan Pemberian ASI Eksklusif"

Posting Komentar

CONTACT US

×