Senin, 27 Januari 2020

Efek Bermake up yang Timbul Pada Wajah

Posted by Jaka Haryanto on Januari 27, 2020 with No comments
Kandungan kimia pada make up bisa membuat wajah mengalami iritasi, adanya rasa gatal yang tidak wajar. Menggunakan make up juga akan membuat pori-pori wajah kita tertutup secara disengaja. Terus apa bahayanya jika make up menutup pori-pori kulit? Pori-pori kulit yang tertutup akan sama dampaknya dengan wajah yang kotor karena debu, yang mana debu juga menutup pori-pori dan merangsang pertumbuhan jerawat pada wajah. 

Tentu akan menjadi masalah jika kita sangat jarang membersihkan wajah setelah menggunakan make up karena jerawat akan sangat mudah tumbuh jika pori-pori kulit terlalu sering tertutup make up. Yang awalnya ingin tampil menarik, bisa jadi malah membuat wajah kita banyak jerawat dan tentu akan membuat kita minder nantinya, jadi selalu ingat tidak menggunakan make up terlalu lama dan membersihkannya dengan benar saat menggunakan make up. 

Akibat kesehatan kulit wajah yang terganggu akan mengakibatkan beberapa hal berikut: 

Kulit menjadi kering 

Tidak hanya pada make up untuk wajah, beberapa produk kecantikan untuk kulit pun ternyata bisa membuat kulit malah menjadi kering serta membuatnya kasar. Kulit yang kering akan sangat rentan kemasukan kotoran karena tidak ada perlindungan dari kulit itu sendiri, yang mana kotoran ini bisa terserap juga ke dalam tubuh melalui kulit kita. 

Jerawat 

Jerawat muncul pada kondisi wajah berminyak karena disebabkan oleh beberapa kandungan pada make up. Biasanya menggunakan make up bertekstur cair atau creamy (seperti foundation dan concealer) dapat menyebabkan jerawat. Kekurangan produk make up dengan tekstur tersebut adalah sulit untuk dibersihkan di wajah meskipun sudah membersihkannya dengan sabun. 

Komedo 

Hampir sama dengan jerawat dan komedo timbul karena timbunan make up dan debu. Bila tidak rajin mencuci wajah, komedo bisa mudah timbul dan kondisi terparah bisa menjadi jerawat. 

Sisa make up biasanya masih terperangkap di dalam kulit sehingga timbul bakteri dan jerawat muncul. Untuk itu, melakukan facial wajah sebulan sekali sangat penting. 

Tidak lupa menggunakan masker wajah, minimal seminggu sekali untuk mengangkat kotoran wajah yang tersisa. 

Alergi 

Reaksi alergi sering dialami bagi orang berkulit sensitif. Kulit sensitif rentan dengan beberapa kandungan kosmetik. Biasanya kulit jadi gatal, perih, merah, bengkak, dan timbul bintik-bintik. 

Penyumbatan pori-pori 

Produk kosmetik apapun seperti bedak dan lain sebagainya dipastikan dapat menyumbat pori-pori kulit, oleh sebab itu penggunaan berlebih atau terlalu sering kita menggunakan produk tersebut dapat menyebabkan tersumbatnya pori-pori. 

Jika hal ini terus berlangsung dalam waktu lama maka kemungkinan munculnya jerawat pada wajah kita akan semakin besar. Salah satu cara untuk menghindari bahaya tersebut adalah dengan mengurangi intensitas pemakaian dan tidak terlalu lama menggunakannya. 

0 komentar:

Posting Komentar