Selasa, 28 Januari 2020

Masker Wajah - Bagian II

Posted by Jaka Haryanto on Januari 28, 2020 with No comments
Masker Buatan Sendiri 

Masker, selain yang dibuat oleh produsen kosmetika, kita pun dapat membuat masker sendiri dari berbagai bahan alami, hal ini seiring dengan gerakan kembali ke alam. Bahan alami yang dapat dipakai sebagai bahan masker yaitu sayur-sayuran, buah-buahan, havermout, telur dan madu, tetapi pilihlah bahan, baik sayur-sayuran maupun buah-buahan yang  bermutu  baik,  benar-benar matang dan segar. Untuk susu, telur, madu dan havermout dapat dipilih yang masih segar dan belum kedaluwarsa. 

Contoh masker buatan sendiri dengan menggunakan bahan alami : 

Avokad 

Avokad memiliki kandungan lemak yang berkhasiat melembabkan kulit, karena itu cocok digunakan untuk perawatan kulit kering agar menjadi lembab, lembut dan kencang. Caranya lumatkan 1 buah avokad, campur dengan 1 sdm madu dan aduk rata. Oleskan pada wajah biarkan selama + 10 menit hingga mengering, bilas dengan air hangat. 

Jeruk 

Peras air jeruk segar dari 2 buah jeruk, campur dengan 1 bks gelatin dan aduk rata. simpan dalam lemari es hingga cukup padat kemudian oleskan pada wajah secara merata dan biarkan selama + 10 menit dan bilas dengan air dingin serta keringkan dengan handuk. Masker ini cocok untuk kulit normal dan berminyak terutama saat udara panas agar wajah terasa halus dan kencang dan tidak kering. Buah jeruk dan kulitnya juga dapat digunakan sebagai pembersih da penyegar yang cocok digunakan untuk perawatan kulit berminyak. Untuk pembersih : rendam kulit jeruk manis dalam air. 

Tusuk-tusuk dengan garpu, dan biarkan semalaman. Gunakan untuk membasuh  kulit  wajah deesokan harinya. Untuk  penyegar : celupkan sepotong kapas ke dalam air, peras, dan teteskan beberapa tetes sari buah jeruk segar, kemudian bubuhkan pada wajah. 

Jeruk nipis 

Jerawat pada kulit kombinasi bisa menggunakan jenis masker jeruk nipis. Manfaat lain masker ini adalah untuk mengatasi penuaan dini. Caranya peras ½ bagian jeruk nipis, campur dengan 1 butir putih telur yang telah dikocok kaku, oleskan pada wajah dan biarkan selama + 15 menit, bilas dengan air hangat. Masker ini dapat digunakan semalaman, untuk memperoleh hasil maksimal. 

Susu bubuk 

Masker dari susu bubuk dapat menghaluskan, memutihkan, menyegarkan, dan memberi cahaya pada kulit wajah. Untuk keperluan ini, gunakan susu bubuk full cream agar kandungan lemaknya dapat dimanfaatkan secara maksimal. Susu rendah lemak dan susu instan kurang cocok digunakan sebagai masker. Caranya campurkan 2 sdm susu bubuk, 1 sdm madu dan 2 sdm air panas, aduk rata, kemudian oleskan pada kulit wajah dan leher, biarkan selama + 15 menit hingga masker mengering. Bilas dengan sabun khusus untuk wajah dan air hangat. Bubuhkan pelembab segera setelahnya. 

Telur 

Pada telur terdapat dua bagian yang dapat dimanfaatkan yaitu kuning telur cocok digunakan untuk perawatan kulit kering dan normal. Caranya kocok 1 butir kuning telur tambahkan ½ perasan jeruk nipis dan parutan kulit jeruk nipis. Biarkan semalaman agar telur menyerap minyak dari kulit jeruk. Oleskan pada wajah kecuali daerah sekitar mata dan bibir, biarkan selama + 10 menit dan bilas dengan menggunakan air hangat. Putih telur cocok digunakan untuk perawatan kulit berminyak dan dapat membantu mengencangkan kulit wajah yang kendur. Caranya kocok 1 butir putih telur tambahkan perasan ½ buah jeruk nipis dan parutan kulit jeruk nipis. Biarkan semalaman agar telur menyerap minyak dari kulit jeruk. Bubuhkan pada wajah dan biarkan selama + 10 menit kemudian bilas dengan air hangat. 

Mentimun 

Ramuan dari mentimun cocok untuk kulit berminyak karena dapat mengurangi kadar minyak yang berlebihan. Masker mentimun juga dapat memberi kesegaran pada kulit kusam dan terbakar sinar matahari serta dapat digunakan sebagai penyegar. Untuk masker, 1 buah mentimun diparut diambil airnya, campur dengan 1 sdm minyak zaitun dan 4 sdm susu segar matang, aduk rata. Oleskan pada seluruh wajah dan leher, biarkan selama + 15 menit, bilas dengan air hangat. Untuk penyegar, parut 1 buah mentimun, saring dan ambil airnya. Dengan bantuan sepotong kapas oleskan air mentimun ke seluruh wajah. 

Strawberri 

Untuk kulit berminyak, masker strawberri sangat baik digunakan untuk meluruhkan sel kulit mati dan menyegarkan kulit kusam. Strawberri dicampur dengan havermout yang mengandung vitamin B1 dan mineral seng, strawberri dapat mempercepat regenerasi sel kulit mati dan melembutkan kulit kering. Untuk kulit berminyak, campur 50 gr buah strawberri dan 1 sdm havermout, proses dengan blender kemudian oleskan pada seluruh wajah dan leher sambil dilakukan pijatan ringan, biarkan kering dan bilas dengan air hangat. Untuk kulit kering, panaskan 1 sdm mentega hingga meleleh, dinginkan kemudian campur dengan 75 gr strawberri segar dan  proses dengan blender. Oleskan pada seluruh wajah dan leher, biarkan mengering selama + 15 menit, bilas dengan air hangat dan sabun khusus untuk wajah dan segera kenakan pelembab. 

Tomat 

Kandungan vitamin C dalam tomat selain bermanfaat bagi tubuh, juga sangat bagus untuk kesehatan dan kelembutan kulit. Pemakaian secara teratur dapat membantu memperkecil lubang pori-pori kulit. Caranya parut 1-2 buah tomat atau proses dengan blender, campur dengan 1 sdm susu bubuk dan 25 cc sari jeruk, kemudian aduk rata. Oleskan pada seluruh wajah dan leher sambil lakukan pijatan ringan, biarkan selama +15 menit, bilas dengan air hangat. 

Pepaya 

Buah pepaya mengandung banyak kandungan gizi yang dapat mencegah penuaan dini dan meremajakan lapisan dermis dalam kulit. Masker dari buah pepaya cocok untuk semua jenis kulit dan dapat membantu melembabkan kulit serta dapat meluruhkan sel kulit mati. Caranya lumatkan ½ buah pepaya, oleskan pada wajah biarkan selama + 15 menit dan bilas dengan air hangat. 

Pisang 

Sama seperti masker pepaya, masker pisang dapat digunakan untuk semua jenis kulit terutama untuk kulit berjerawat. Kandungan zat yang terkandung dalam pisang dapat membantu mengempiskan jerawat. Lumatkan 1 buah pisang  ambon  matang  segera oleskan pada wajah  dan  leher, biarkan selama + 15 menit, bilas dengan air hangat dan kemudian basuh sekali lagi dengan air dingin. 

Melon dan semangka 

Buah melon dan semangka banyak menyimpan dan mengikat air sehingga cocok digunakan sebagai bahan masker untuk kulit kering atau terbakar sinar matahari. Caranya iris tipis 1/8 melon atau semangka, bungkus irisan dengan kain kasa dan tempelkan pada wajah, biarkan + 15 menit, bilas dengan air dingin. 

Apel 

Zat yang terdapat dalam apel dapat menetralisir minyak yang berlebihan pada wajah hingga cocok digunakan untuk kulit berminyak. Caranya parut 2 buah apel atau proses dengan blender, segera bubuhkan pada wajah, biarkan + 15 menit dan bilas dengan air hangat. 

Havermout 

Masker dari havermout ini digunakan untuk kulit berminyak. Campur 2 sdm havermout dan1 sdm jeruk nipis, proses dengan blender sampai tercampur rata. Bubuhkan pada wajah sambil lakukan pijatan ringan. Biarkan hingga mengering dan bilas dengan air teh hangat hingga bersih. 

Wortel 

Masker  wortel  dapat  digunakan  untuk  kulit  kusam  dan  terbakar  sinar matahari. Wortel dicampur dengan madu dan yoghurt dapat memberi nutrisi pada kulit. Kandungan betakarotin pada wortel akan melembutkan kulit dan menjadikan kulit lebih bersinar. Haluskan 3 buah wortel, campur dengan 2 sdm madu dan 3 sdm yoghurt, aduk rata. Oleskan pada wajah sambil lakukan pijatan ringan ke arah atas, biarkan + 15 menit, bilas dengan air mineral. 

Kentang atau bengkoang 

Masker kentang atau bengkoang dapat membantu mengurangi lingkaran hitam dan kantung mata yang kerap muncul jika kurang tidur. Parut sebuah kentang atau bengkoang, bungkus hasil parutan,  bisa langsung ditempel pada kelopak mata atau bila disaring diambil airnya bisa dioleskan pada seluruh wajah, sehingga hasilnya dapat memutihkan kulit. Cara pemakaian masker harus merata di seluruh permukaan kulit wajah dan leher, kecuali bagian bibir dan mata. Bagian mata ditutup dengan kapas dan istirahatkan. 

Langkah  selanjutnya,  setelah  masker  mengering (+ 15 menit) masker dibersihkan, dengan  terlebih  dahulu  masker  yang  telah  mengering  di  wajah dilembabkan, kemudian dibersihkan dengan menggunakan waslap yang lembab dan hangat sampai bersih. Setelah pembersihan masker, muka sebaiknya dikompres dengan menggunakan es batu yang dibungkus waslap agar pori-pori kulit yang terbuka karena perawatan, menutup kembali. 

Terakhir  kulit  muka  diberi penyegar sesuai dengan jenis kulit muka dan bila perlu dapat memakai krim pelembab sebagai under make-up atau base foundation atau sebagai moisturizer, yang akan diteruskan dengan tata rias wajah. 

0 komentar:

Posting Komentar