Rabu, 29 Januari 2020

Perawatan dan Pemeliharaan Mata

Posted by Jaka Haryanto on Januari 29, 2020 with No comments
Mata merupakan salah satu bagian tubuh yang paling penting, usahakanlah untuk merawatnya sampai pada tingkat yang maksimal. Mata yang bersinar akan lebih mudah dan lebih cepat memancarkan perasaan kita dari pada ungkapan kata. 

Mata dapat dibuat lebih sehat dan lebih bagus kalau dirawat secara baik. Mata yang sehat dan hidup, tidak hanya menarik dan menambah sinar yang memancar, pada muka atau wajah tetapi juga seluruh perwujudan penampilan diri. Mata bekerja setiap hari, bahkan hingga malam jika tugas kerja harus diselesaikan. Tanpa sadar kita memaksa mata untuk bekerja terus menerus dan kita nyaris tidak memperhatikan kesehatannya, karenanya kita harus tetap menjaga kebersihan dan kesehatannya. 

Mata dan daerah di sekitar mata memerlukan perawatan khusus. Daerah tersebut sangat halus dan peka, karena hanya memiliki sedikit minyak dan jenis kulitnya sangat tipis. Jika tidak diperlakukan secara lembut dan benar, akan mudah timbul tanda penuaan dini di seputar mata, seperti kerut-kerut halus atau kusam dan kantong  mata.  Sisa-sisa  riasan  mata  harus  dihapus  dengan  pembersih  yang memiliki pH sama dengan daerah seputar mata serta mengandung minyak yang mampu menjaga kelembabannya. 

Bersihkan mata dengan pembersih khusus untuk daerah seputar mata yang dikenal dengan nama eye make-up remover. Jika tidak ada, gunakan minyak zaitun atau minyak bulus, karena minyak tersebut selain dapat membersihkan juga mampu merawat kulit seputar mata, menghindarkannya dari kerutan sebelum waktunya. 

Selain dibersihkan dan dirawat setiap hari, daerah di seputar mata dapat juga dirawat secara khusus dengan mengenakan masker mata. Masker mata biasanya berbentuk gel atau krim bahkan kertas siap pakai yang mengandung kolagen. 

Fungsi masker mata, selain memberi nutrisi pada daerah mata dan sekitarnya juga untuk meredakan iritasi, memperhalus kerutan, melembabkan dan menyegarkan daerah sekitar mata. Masker yang mengandung ekstrak hazelmout, bunga mawar atau bunga jagung dapat mengurangi pembengkakan di kantung mata. Pemakaian masker berbentuk gel atau krim di seputar mata, cukup dioleskan, dan untuk masker mata yang berbentuk kertas, digunakan dengan cara ditempelkan di bagian atas atau bagian bawah mata dan dibasahi air. Biarkan selama + 15 menit, kemudian angkat. 

Beberapa hal dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata yaitu: 

Diet, keindahan mata dapat dipengaruhi oleh faktor dari dalam. Apa yang kita makan akan tercermin dalam penampilan rambut, jaringan kulit dan sinar yang memancar dari mata. Menjaga mata agar tetap sehat dan bersinar dapat dilakukan melalui makanan yang kita konsumsi terutama vitamin A dan B2 sangat bagus untuk kesehatan mata. Vitamin ini dapat ditemukan di dalam daging, susu, telur, keju, hati, ikan, sayur-sayuran dan buah-buahan. 

Tidur, merupakan suatu kebutuhan yang dapat membantu otot mata untuk beristirahat. Tidur yang teratur, nyenyak dan tidak terganggu sangat diperlukan untuk kesehatan mata. Rata-rata orang memerlukan waktu tidur selama 8 jam. Jika melewatkan waktu tersebut, akan berakibat : tepi mata tampak merah, urat-urat darah sering kelihatan dan akan terlihat bayangan hitam di sekeliling mata bagian bawah. Satu-satunya cara untuk mengatasi gangguan tersebut adalah tidur yang cukup. Untuk menyamarkan kantong mata atau bayangan hitam di bawah mata dapat digunakan krim yang agak pucat, sehingga bayangan dapat tertutupi. Daerah di bawah mata sangat peka dan lemah, oleh karenanya pada waktu membersihkan muka, daerah sekitar mata tidak boleh digosok atau ditekan terlalu kuat. 

Massage mata, massage daerah mata akan dapat membantu peredaran darah dan dapat dilakukan pada waktu memberi krim di sekitar mata. Pemberian krim akan meresap ke dalam kulit dan akan memperbesar sel-sel kulit dengan kelembabannya. Hal ini akan menciptakan permukaan kulit yang lebih halus dan akan membantu menghapuskan keriput-keriput dan garis-garis kecil yang sering terlihat di sudut mata. Mengingat daerah mata keadaannya sangat peka, maka pada  waktu  massage  pakailah  ujung  jari  yang  lunak. Mulailah  dengan menggerakkan ujung jari ketiga, mulai dari hidung lalu ke bawah tulang kening, sekeliling bagian atas dan bawah mata, lalu kembali ke hidung, ulangi gerakkan ini dengan memakai gerakan-gerakan kecil melingkar dan berputar secara halus. 

Latihan-latihan mata, usahakanlah agar mata tetap santai dengan memutarnya sekitar rongga mata. Dengan memulai memandang lurus ke depan, lalu alihkan pandangan mata itu ke atas, kemudian memutar ke sudut luar dari mata. Selanjutnya lihat ke bawah, dan ke arah hidung dan akhirnya ke atas lagi. Latihan lain lagi yang santai dapat dilakukan dengan pandangan pertama diarahkan pada suatu benda yang dekat sekali, kemudian memandang jauh sekali. Mengedipkan kelopak mata bukanlah latihan mata tetapi merupakan tindakan replek yang terjadi kira-kira satu kali setiap dua menit. Gerak ini dimaksudkan untuk meratakan cairan di seluruh permukaan bola mata dan untuk mencucinya. 

Pemeliharaan mata 

Kira-kira 80 % dari efisiensi kerja kita sehari-hari, terletak pada penggunaan mata. Mengingat besarnya ketergantungan kita pada mata, maka mata merupakan modal berharga yang perlu dipelihara secara baik.  Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemeliharaan mata yaitu sebagai berikut : 

Debu pada mata. Masuknya debu, butiran-butiran kecil pasir dan serangga kecil ke dalam mata merupakan kejadian yang sering kita alami. Rasa sakit yang disebabkan masuknya partikel-partikel ke dalam mata, memberi peringatan kepada kita agar segera membuangnya.  Dalam hal ini mata biasanya mengeluarkan air mata. Dalam usaha untuk mencuci dan membuang partikel-partikel yang masuk ke dalam mata, pergunakan kapas, dengan cara membawa partikel ke sudut mata dan jangan digosok, kemudian keluarkan,  dan  ini merupakan cara refleksi organ tubuh kita sendiri untuk melindungi mata. 

Sinar. Secara otomatis mata menyesuaikan diri dengan bermacam-macam sinar sebagai  bagian  dari  fungsi  kodratnya.  Namun  demikian,  untuk  menjaga kesehatan mata hendaknya diperhatikan hal-hal berikut: jangan membaca atau menulis dengan sinar yang kurang terang atau dengan sinar matahari langsung yang menyilaukan. Sinar buatan harus diarahkan dari belakang dan meluncur turun dari belakang melalui bahu kiri. Arah sinar tidak boleh menyorot lurus dipantulkan dari permukaan yang rata seperti pasir dan air. Sinar matahari dapat menyebabkan tekanan pada mata, membuat mata jadi lelah dan kepala menjadi pusing. Sebab itu bantulah mata dengan mengenakan kacamata yang benar-benar baik seperti kacamata polaroid (polarized sun glasses)  yakni kacamata hitam yang mampu menyarig sinar matahari. Jangan memandang langsung ke matahari, karena sinar ultra violet dari matahari dapat membakar kornea mata. 

Eyestrain atau rasa tertekan pada mata. Rasa tertekan pada mata dapat disebabkan karena penyinaran yang jelek, terlalu banyak membaca, lelah, keadaan udara yang tidak sehat, mandi matahari, naik motor atau mobil terlalu lama. Dalam satu hari membaca, otot mata mungkin tegang dan kendor kira-kira 100.000 kali, demikian pula jika melihat televisi, hal ini akan menyebabkan mata menjadi tegang dan lelah. Untuk menghindari hal tersebut, hindarilah cahaya yang terlalu terang, jangan biarkan sinar memantul langsung ke mata dari gambar televisi, jangan duduk terlalu dekat dari layar televisi, dan pada waktu melihat televisi pandangan lurus setinggi mata. Buang pandangan mata sekali-kali dari layar televisi untuk menghindari  ketegangan  karena  memandang gambar terus-menerus. Tekanan mata akan segera hilang setelah tidur dengan nyenyak pada malam hari. Mandi mata dengan lotion yang baik dan khusus untuk mata dapat meringankan mata yang lelah dan menghilangkan rasa sakit. Selain itu tekanan mata dapat disebabkan oleh pandangan mata yang tidak terduga-duga, kesehatan yang kurang baik, dan tekanan emosi. 

Bloodshat eyes atau alur-alur darah di mata. Alur-alur darah di mata disebabkan karena dingin atau inflammation. Menghindari alur-alur darah di mata dapat dihindari dengan istirahat sebayak-banyaknya atau tidur nyenyak pada waktu malam hari. Untuk mengatasi alur-alur darah di mata, gunakan masker mata dan obat  tetes  mata (eye  bath).  Selama  mengalami  bloodshat  eyes,  hindari pemakaian mascara, eyeliners atau eye shadow, karena dapat menambah parah kondisi mata yang sedang sakit. 

Perawatan mata dapat juga dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti teh celup atau teh kantung yang berkhasiat mengurangi bengkak dengan cara mengompreskan teh celup yang telah direndam semalaman pada kelopak mata yang  terpejam  selama +  10  menit.  Susu  cair,  kandungan lemaknya dapat mengatasi mata yang tampak kuyu karena terlalu lelah atau kurang tidur. Celupkan kapas pada susu segar dan peras kemudian tempelkan pada kelopak mata selama +10 menit dan bersihkan dengan air hangat, kemudian basuh sekali lagi dengan menggunakan air dingin. Kentang, dapat membantu mengurangi lingkaran hitam di seputar mata dan kantung mata yang kerap muncul jika kurang tidur. Parut sebuah kentang dan hasil parutannya bungkus dengan kain kasa kemudian letakkan di atas kelopak mata, biarkan selama + 20 menit dan bersihkan dengan pembersih khusus untuk mata. 

0 komentar:

Posting Komentar