Selasa, 28 Januari 2020

Perawatan Kulit Wajah sesuai Jenis Kulit - Bagian I

Posted by Jaka Haryanto on Januari 28, 2020 with No comments
Untuk Kulit Normal 

Perawatan kulit jenis normal dapat menggunakan berbagai pembersih, tetapi hindari bahan pembersih yang berkadar alkohol tinggi, bersifat alkalis dan bahan pembersih yang cenderung menimbulkan penyumbatan. Perawatan kulit normal setiap hari, dilakukan setiap habis bepergian dan menjelang tidur yang meliputi : 

Bersihkan wajah dengan susu pembersih untuk kulit normal hingga sebatas leher dan ratakan. Lakukan pijatan ringan kemudian angkat susu pembersih dengan menggunakan kapas yang lembab. 
Usapkan handuk kecil atau waslap yang telah dicelupkan pada air hangat untuk mengangkat sisa susu pembersih. 
Bersihkan kembali wajah dengan menggunakan sabun khusus untuk wajah serta untuk kulit normal, basuh dengan air, agar wajah benar-benar bersih 
Bubuhkan face lotion pada sepotong kapas, tepuk-tepuk pada wajah dengan maksud untuk menyegarkan atau menutupi pori-pori yang terbuka pada saat kulit wajah dibersihkan. 

Perawatan kulit normal seminggu sekali dilakukan setelah wajah dibersihkan yang meliputi: 

Uapi wajah atau kompres seluruh wajah dengan handuk yang telah diuapi. 
Lakukan peeling wajah dengan menggunakan scrub cream untuk kulit normal kemudian bersihkan dengan air suam-suam kuku. 
Oleskan krim pemijat pada seluruh wajah, leher, dada atas dan bahu. Lakukan pijatan ke arah atas. Angkat minyaknya dengan handuk yang telah dicelup dalam air hangat. 
Setelah melakukan pemijatan kulit wajah, gunakan masker untuk kulit normal. Campurkan 2 sdt  bubuk  masker  dengan  aquadest  atau  air  mawar 2 secukupnya. 
Oleskan campuran tersebut ke seluruh wajah dengan bantuan kuas. Cara mengoleskan mulai dari dagu, pipi kanan, pipi kiri, hidung dan dahi. 
Biarkan masker mengering dengan sendirinya +30 menit. Selama pemakaian masker sebaiknya tidak bergerak atau berbicara agar hasilnya dapat maksimal. 
Angkat masker dengan menggunakan handuk kecil atau waslap yang telah dicelupkan pada air hangat. 
Berikan penyegar atau dapat pula dikompres dengan waslap yang dicelupkan pada air es. 

Untuk Kulit Kering 

Kulit kering memerlukan pembersih lunak yaitu pembersih yang mengandung pelembab seperti minyak zaitun atau pembersih yang berbentuk krim. Hindari penggunaan bahan pembersih berkadar alkohol tinggi. Lakukan pemupukan kulit menggunakan pelembab yang mengandung gliserin, hyaluronic acid atau demithicone. Zat-zat yang terkandung  dalam  pelembab  tersebut  merupakan humectant. Sifat humectant menarik air dari dalam kulit dan dari udara sekitar, sehingga prses dehidrasi kulit tidak berlanjut. 

Bahan pembersih untuk jenis kulit kering, pilihlah kosmetik yang berbahan dasar minyak atau oil-based, tipe W/O (kadar minyak lebih tinggi dari kadar air). Jenis kulit kering mengeluarkan minyak lebih sedikit dari pada jenis kulit lainnya, oleh karena itu biasakan memakai tabir surya atau pelembab yang mengandung tabir surya dan zat antioksidan terutama jika melakukan kegiatan di luar rumah. 

Perawatan kulit kering juga dapat dilakukan secara rutin yaitu setiap hari dan secara berkala. Perawatan kulit kering yang dilakukan setiap hari meliputi : 

Bersihkan wajah dan leher dengan krim pembersih yang mengandung emollients untuk mencegah  dehidrasi. Angkat dengan waslap yang telah dicelupkan dalam air hangat. 
Bersihkan kembali wajah dengan menggunakan sabun khusus untuk wajah serta untuk kulit kering, basuh dengan air, agar wajah benar-benar bersih 
Bubuhkan face lotion pada sepotong kapas, tepuk-tepukkan ke seluruh wajah dan segera gunakan pelembab. 

Perawatan kulit kering  dilakukan setiap 10 hari sekali (insidental) dengan cara : 

Setelah dibersihkan, oleskan krim pemijat ke seluruh wajah, leher, dada atas dan pundak, kemudian lakukan pemijatan dengan lembut dan hati-hati. 
Angkat krim pemijat dengan air hangat hingga bersih. 
Siapkan masker untuk kulit kering. Oleskan campuran masker ke seluruh wajah dengan bantuan kuas. Cara mengoleskan mulai dari dagu, pipi kanan, pipi kiri, hidung dan dahi. 
Biarkan masker kering dengan sendirinya selama +30 menit dan istirahatkan agar diperoleh hasil maksimal. 
Angkat masker dengan handuk kecil yang telah dicelupkan dalam air hangat. 

Untuk Kulit Berminyak 

Kulit  sehat  sedikit  mengandung  minyak,  tetapi  jika  sekresi  minyak berlebihan, selain memicu timbulnya komedo dan jerawat, juga dapat mengganggu penampilan. Gunakan kosmetik pembersih berbahan dasar air atau tipe O/W (kadar air lebih tinggi dari kadar minyak) dan hindari pembersih berbahan dasar deterjen maupun peringkas pori-pori berkadar alkohol tinggi. Hal ini disebabkan karena penggunaan kedua jenis pembersih tersebut dalam jangka panjang, selain dapat merusak kulit juga dapat merangsang makin meningkatnya aktivitas kelenjar palit. 

Perawatan kulit berminyak, di samping dilakukan setiap hari, juga dirawat setiap 3-4 hari. Perawatan rutin setiap hari meliputi : 

Bersihkan wajah dengan sabun khusus wajah yang mengandung sulfur atau pembersih berbentuk gel yang bebas minyak (oil free). 
Bersihkan kembali wajah dengan menggunakan sabun khusus untuk wajah serta untuk kulit berminyak, basuh dengan air hangat, agar wajah benar-benar bersih. 
Bubuhkan astringent (penyegar) pada sepotong kapas kemudian tepuk-tepukkan pada wajah untuk meringkaskan pori. 

Perawatan kulit berminyak yang dilakukan 3-4 hari sekali dengan cara : 

Uapi wajah atau kompres seluruh wajah dengan handuk yang telah diuapi atau direndam dalam air hangat. 
Lakukan pengambilan jerawat dan komedo 
Oleskan krim pemijat pada kulit wajah kemudian lakukan pemijatan dengan alat kecepatan tinggi selama + 5 menit. 
Angkat krim pemijat dengan menggunakan handuk yang telah dicelupkan dalam air hangat. 
Siapkan masker untuk kulit berjerawat. Oleskan campuran tersebut ke seluruh wajah dengan bantuan kuas. Cara mengoleskan mulai dari dagu, pipi kanan, pipi kiri, hidung dan dahi. 
Biarkan masker mengering dengan sendirinya selama +30 menit. Selama pemakaian masker istirahatlah agar diperoleh hasil maksimal. Khusus untuk kulit berjerawat, gunakan lampu infraphyl (berwarna merah) selama + 3 menit pada saat masker setengah kering di wajah. Tutup kedua pelupuk mata dengan kapas yang telah dicelup dalam boorwater. 
Angkat masker dengan menggunakan handuk kecil atau waslap yang telah dicelupkan dalam air hangat, kemudian taburi dengan bedak jerawat. 

0 komentar:

Posting Komentar